Manfaat Ikan Laut Bagi Kesehatan

Ikan laut sudah sangat populer dengan kandungan nutrisi penting seperti protein, vitamin D, dan sumber omega-3 terbaik. Kandungan-kandungan tersebut sangat penting bagi tubuh dan otak. Beberapa ikan memiliki nutrisi omega-3 lebih tinggi dari yang lain yaitu salmon dan tuna.

Menurunkan Resiko Serangan Jantung dan Stroke
Serangan jantung dan stroke merupakan penyebab paling umum kematian di dunia. Dalam penelitian menyampaikan bahwa konsumsi 1 porsi ikan atau lebih dalam seminggu memiliki resiko 15% lebih rendah terkena penyakit jantung. Hal ini dipercaya karena memiliki kandungan tinggi omega-3.
Penelitian lain menunjukan bahwa asam lemak omega-3 menurunkan resiko aritmia yang dapat menyebabkan kematian mendadak. Asam lemak omega-3 juga dapat menurunkan kadar trigliserida, laju pertumbuhan plak (ateroklerosis0, dan menurunkan tekanan darah.

Mengandung Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan dan Perkembangan
Asam lemak omega-3 yang biasa disebut docosahexaenoic acid (DHA) sangat penting untuk perkembangan otak dan mata. Namun, karena ikan laut mengandung merkuri tinggi maka untuk ibu hamil perlu membatasi konsumsi ikan yaitu 340 gram per minggu. Ibu hamil juga harus menghindari ikan mentah karena kemungkinan mengandung mikroorganisme yang membahayakan janin.

Mencegah Penurunan Fungsi Otak Karena Penuaan
Fungsi otak bisa menurun seiring bertambahnya usia. Menurut penelitian, seseorang yang mengkonsumsi lebih banyak ikan laut mengalami penurunan fungsi otak lebih lambat.

Mengurangi Resiko Penyakit Autoimun Termasuk Diabetes Tipe 1
Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh malah menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat. Contohnya seperti diabetes tipe 1 yang menyebabkan sistem kekebalan menyerang pancreas. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa konsumsi omega-3 atau minyak ikan dapat menurunkan resiko diabetes tipe1 pada anak-anak dan dewasa.

Menjaga Kesehatan Penglihatan pada Lansia
Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan omega-3 pada ikan dapat menjaga kesehatan mata. Dalam suatu penelitian, konsumsi ikan secara teratur dapat menurunkan resiko sebesar 42% terjadinya gangguan pada mata.

Meningkatkan Kualitas Tidur
Dalam sebuah penelitian terhadap 95 pria berusia paruh baya, mengkonsumsi salmon tiga kali setiap minggu yang membuktikan terjadinya peningkatan kualitas tidur. Para peneliti menyimpulkan hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan vitamin D dalam salmon.

Upaya Mencegah Keracunan Merkuri
Mencegah keracunan merkuri dapat dilakukan dengan menurunkan jumlah dan memilih jenis ikan laut yang akan dikonsumsi. Selain itu juga dapat dilakukan beberapa upaya, seperti:

  • Konsumsi jenis ikan yang besar
  • Menghindari ikan yang kemudian mengandung merkuri tinggi ketika sedang hamil
  • Mengikuti pedoman penyajian ikan dan makanan laut untuk anak-anak. Menurut FDA, ukuran penyajian untuk anak-anak dibawah 3 tahun dapat mengkonsumsi 1 ons ikan dan anak usia 4-7 tahun adalah 2 ons.
  • Lakukan pemilihan sushi atau restoran sushi sebelum mengkonsumsinya. Pastikan sushi diolah dengan aman.

https://vivahealth.co.id/article/detail/13424/manfaat-ikan-laut-bagi-kesehatan

Check Also

Beberapa Penyakit Ini dapat Diatasi dengan Berolahraga

Di dalam deklarasi International council of sport and physical education, olahraga adalah kegiatan yang mengikutsertakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *