Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Daya tahan tubuh memiliki peranan penting bagi Anda, yaitu untuk menjaga Anda tetap sehat dan mencegah terjadinya infeksi. Menjaga kesehatan sangat penting untuk melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Salah satu cara untuk mencegah adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bila ada kuman patogen yang berpotensi merugikan tubuh kita, maka sistem antibodi yang optimal dapat langsung mendeteksi dan mengeliminasinya.

Penyebab Turunnya Daya Tahan Tubuh dan Cara Mengatasinya

Dikutip dari Everyday Health, berikut sejumlah kebiasaan yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, yaitu:

1. Merokok

Setiap orang pasti tahu kalau kebiasaan merokok dapat mendatangkan masalah kesehatan. Kandungan nikotin yang ada dalam rokok dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga perokok lebih rentan terhadap flu. Menurut dr. Jonathan Rich, dokter Mercy Medical Center di Baltimore, kebiasaan merokok dapat merusak garis pertahanan pertama, yakni lapisan mulut dan hidung yang sebenarnya merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Merokok juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh mengalami kesalahan, di mana sistem kekebalan tubuh malah menyerang jaringan paru-paru. Kebiasaan ini dapat menimbulkan gangguan paru obstruktif kronik, penyakit pernapasan yang sulit disembuhkan.

2. Kurang Tidur

Di masa karantina seperti ini, tidak sedikit orang yang justru suka begadang. Padahal tidur yang cukup membantu tubuh untuk beristirahat dan bersiap untuk memerangi infeksi. Kurang tidur dapat malah membuat seseorang rentan mengalami sejumlah kondisi seperti depresi, diabetes, dan obesitas.

Setiap orang membutuhkan jumlah tidur yang berbeda-beda, tetapi rata-rata orang dewasa memerlukan waktu tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Kalau kamu tidak mau gampang sakit, sebaiknya hindari kebiasaan begadang.

3. Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol terlalu sering atau secara berlebihan bisa memberikan efek negatif pada sistem kekebalan tubuh. Minum terlalu banyak dapat menghilangkan lapisan mulut dan kerongkongan, sehingga  membuat virus dan bakteri mudah memasuki tubuh. Untuk wanita, pastikan untuk tidak minum alkohol lebih dari satu gelas per hari, sedangkan pria tidak boleh lebih dari dua gelas per hari.

4. Stres

Beratnya beban pekerjaan atau masalah kehidupan memang tidak dapat dihindari. Meski semuanya sulit dijalani, kamu tetap harus cerdik dalam mengelola stres. Tingkat stres yang tinggi dapat melemahkan respons kekebalan tubuh, sehingga kamu bisa rentan terserang flu dan infeksi virus lainnya. Nah, cara untuk menghilangkan stres atau setidaknya meminimalisirnya, cobalah berolahraga selama 30 menit sehari atau berlatih pernapasan dalam. Cara ini terbukti ampuh untuk mengurangi tingkat stres yang kamu alami.

5. Pola Makan yang Buruk

Membeli mie instan dan frozen food untuk stok makanan selama karantina sah-sah saja. Tapi, sebaiknya jangan mengonsumsinya terlalu sering. Mie instan dan frozen food cenderung tinggi kandungan garam atau gula serta rendah nutrisi. Konsumsi gula dan garam yang tinggi dan kurangnya nutrisi dapat melemahkan sistem kekebalan kekebalan tubuh.

Selain itu makan makanan yang berlemak tinggi juga bisa membuat kamu kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan bahkan sampai obesitas bisa membuat kamu lebih rentan terhadap penyakit. Jadi, pastikan untuk perbanyak makan buah dan sayur yang kaya akan nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Tidak Pernah Olahraga

Olahraga teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan kemampuannya untuk menciptakan antibodi dan sel-T, yakni sel darah putih yang membantu tubuh melawan penyakit. Malas berolahraga atau bahkan tidak pernah berolahraga sama sekali tentunya membuat tubuh hanya menghasilkan antibodi yang sedikit.

Check Also

Berapa Lama Olahraga yang Dianggap Efektif ?

Olahraga merupakan salah satu syarat yang harus kita penuhi untuk mendapatkan kesehatan optimal. Berolahraga setiap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *