Tips Berbelanja Bahan Makanan Selama Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 memang mengharuskan siapapun untuk selalu berada di rumah dan melakukan physical distancing atau jaga jarak fisik kecuali untuk hal yang penting, misalnya berbelanja bahan makanan.

Tempat penjualan kebutuhan pokok, seperti pasar, supermarket, minimarket, dan toko bahan pangan, tetap diizinkan untuk beroperasi selama pandemi COVID-19. Masyarakat juga masih diperbolehkan untuk pergi ke tempat-tempat tersebut untuk membeli persediaan bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari. Meski begitu, Anda perlu tetap waspada dan melakukan langkah-langkah pencegahan COVID-19 agar tidak tertular virus Corona saat berbelanja.

WHO memberikan rekomendasi mengenai tips atau cara berbelanja dengan aman di tengah pandemi Covid-19. Berikut cara dan tips aman berbelanja di masa pandemi.

1. Menggunakan Masker

The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan agar semua orang memakai masker. Terutama saat berada di ruang publik seperti pasar dan apotek yang akan menyulitkan untuk menjaga jarak secara maksimal. CDC juga menyarankan penggunaan masker kain sederhana untuk memperlambat penyebaran virus. Masker yang disarankan adalah masker kain, jadi bukan masker bedah atau masker N-95 karena kedua jenis masker tersebut diperuntukkan untuk medis.

2. Jagalah jarak dengan orang lain

Saat berbelanja usahakan untuk selalu menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain, baik itu penjual, petugas supermarket, maupun sesama pembeli.

3. Sentuh barang yang hanya akan dibeli

Cobalah untuk tidak menyentuh sesuatu yang tidak perlu, kata NC State dalam Livescience. Biasanya, Anda mungkin sering memegang barang sebelum dibeli agar mendapatkan barang terbaik, namun hal ini tidak dianjurkan saat masa pandemi. Ambillah barang tanpa harus memilih-milih dan menyentuh hal yang tidak perlu. Lihat, ambil, dan bayar.

4. Pilih metode pembayaran nontunai (cashless)

Jika memungkinkan, gunakan metode nontunai atau cashless untuk membayar belanjaan selama pandemi COVID-19. Hindari membayar bahan makanan dengan uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit karena berpotensi menularkan kuman, termasuk virus Corona.

Jika Anda terpaksa menggunakan uang tunai atau kartu untuk membayar, segera bersihkan tangan dengan hand sanitizer setelah menerima uang kembalian atau memencet tombol di mesin EDC. Ingat, jangan menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci.

5. Cuci tangan setelah berbelanja

Cucilah tangan Anda dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik setelah memegang kemasan bahan makanan, sebelum mengeluarkan bahan makanan dari kemasan, sebelum memasak, dan sebelum makan.

6. Bersihkan bahan makanan yang baru dibeli

Untuk membersihkan kemasan bahan makanan, Anda dapat menggunakan hand sanitizer, alkohol, atau tisu basah dengan bahan antibakteri.

Sedangkan untuk membersihkan sayur dan buah, Anda dapat mencucinya dengan air mengalir dan sabun khusus untuk makanan selama kurang lebih 20 detik. Hindari mencuci bahan makanan dengan detergen atau disinfektan, karena produk pembersih tersebut bisa berbahaya jika tertelan. Setelah itu, buang kantung plastik yang digunakan untuk membawa belanjaan dan bersihkan meja atau tempat lain di mana barang belanjaan diletakkan sebelumnya.

Check Also

Berapa Lama Olahraga yang Dianggap Efektif ?

Olahraga merupakan salah satu syarat yang harus kita penuhi untuk mendapatkan kesehatan optimal. Berolahraga setiap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *