Pentingnya Pakai Masker di Dalam Ruangan

Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan virus corona jenis baru yang menular sangat cepat, luas, dan dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini menular lewat percikan batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi Covid-19. Penularan terjadi apabila menghirup percikan batuk atau bersin tersebut atau menyentuh mata, hidung, mulut dengan tangan yang terkena percikan tersebut.

Upaya penanggulangan sudah dilakukan oleh pemerintah seperti penyediaan vaksin. Pencegahan juga dapat dilakukan dengan selalu menggunakan masker ketika bepergian. Namun penggunaan masker juga harus dilakukan ketika berada di dalam ruangan, apabila ruangan tersebut tidak memiliki ventilasi yang memadai dan ada sejumlah besar orang di dalamnya.

Hal tersebut menyebabkan risiko penularan Covid-19 akan tinggi. Jika tidak mengetahui kondisi ventilasi dalam ruangan tersebut, sebaiknya tetap berasumsi risiko penularan tetap ada dan tetaplah gunakan masker.

Selain itu, lakukan disiplin 3M dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, yaitu menggunakan masker dengan menutupi hidung rapat sampai dagu, mencuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir minimal 20 detik, menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang sekitar, dilengkapi dengan membatasi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

Setelah bepergian bersihkan diri untuk menghilangkan virus yang menempel pada tubuh dan menjalankan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penularan virus Covid-19.

Referensi: https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/kapan-harus-pakai-masker-di-dalam-ruangan

Check Also

SEGALA HAL YANG PERLU DIKETAHUI MENGENAI BRONKITIS

Bronkitis merupakan peradangan yang terjadi pada saluran utama pernapasan atau bronkus. Bronkus merupakan saluran tempat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *